“Jilbab dan Kerudung TIDAK SAMA”

Dulu, ketika aku masih beragama islam hasil warisan orangtua- aku pikir jilbab itu ya kain yang dipakai untuk menutup kepala. Tapi setelah melalui jalan berkelok, tercebur got, dan lain sebagainya… aku memutuskan untuk menelusuri warisan tersebut. Dengan harapan dan semangat baru, belajar sedikit demi sedikit dengan bantuan seorang teman baik sekaligus guru bagiku. Akhirnya aku tahu, ternyata jilbab tidak sama dengan kerudung! Jadi ini perbedaannya :

Jilbab : Adalah pakaian berbentuk pipa/lorong(tidak membentuk tubuh) yang menutupi seluruh tubuh hingga kaki dan
dipakai sebagai penutup pakaian sehari-hari. Jadi fungsinya adalah sebagai jubah.
Jilbab digunakan ketika akan keluar rumah.

Keurudung : kain yang menutupi kepala hingga dada. Boleh lebih untuk menjaga kemuliaan diri.

Jadi kesimpulannya, pakai kerudung saja dengan baju longgar yang berpotongan(misal rok dan kemeja/ celana dan kaos),atau pakai baju pipa tanpa lengan dipadukan dengan cardigan/sweater tanpa menggunakan pakaian yang berbentuk pipa tadi berarti belum pakai jilbab, baru berkerudung saja. Dan pakai baju pipa tanpa memakai baju sehari-hari di dalamnya juga belum bisa dikatakan pakai jilbab.

Ribet ya kalau dibayangkan? Pakai baju sehari-hari terus harus dilapis lagi dengan baju pipa(gamis). Kalau gitu, jangan dibayangkan!! Di jalankan saja….insyaallah mudah! caranya adalah dengan perlahan-lahan, sedikit demi sedikit maka akan terasa mudah.

Ah, baju pipa/jubah/gamis kan tidak stylish, norak!
Jangan salah, saat ini model jubah(gamis) sangat beragam san fashionable. Berbagai macam corak dan gaya, sangat cantik dan elegan. jadi tidak perlu khawatir akan terlihat jelek atau seperti kampungan. Asal pandai memilih-milih model dan warna, maka pakai gamispun kita akan tetap cantik dan anggun. Tapi tetap harus ingat jangan pilih yang membentuk lekuk tubuh, karena sama saja bohong klw pakai gamis yg membentuk lekuk tubuh ^_^!

NB: Dalil Ayatnya lupa😀 hehe…cari sendiri yah di google….

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, Selamat menelusuri warisan anda masing-masing. Semoga menemukan keimanan yang hakiki. Amin!

4 thoughts on ““Jilbab dan Kerudung TIDAK SAMA”

    • Waduh, jangan bingung ya mba🙂 saya akan coba jelaskan lagi😀
      Jadi kerudung itu = pakaian yang menutup kepala hingga dada. Contoh Kerudung segi empat.
      Sedangkan Jilbab = pakaian/jubah yang menutupi pakaian sehari-hari secara menyeluruh ke seluruh tubuh dan tidak membentuk lekuk tubuh. Contoh Gamis/abaya

      Semoga TIdak bingung lagi ya😆

    • Terimakasih, saya sudah membaca artikel tersebut. Tapi tidak seluruhnya, alhamdulillah saya sudah paham dengan yang dimaksudkan. Untuk saat ini ilmu yang saya pahami mengenai dalil jilbab untuk menutup wajah kecuali mata adalah sunah dan mubah saja. Kewajiban menutup wajah hanya untuk para istri Rasulullah. Maka saya tidak bisa mereview artikel tersebut karena berbeda pandangan. Ada kkhawatiran akan menimbulkan polemik. MEskipun hal ini bukanlah masalah utama yang tidak harus diperdebatkan,karena masing-masing memiliki dalil dari Al-Quran dan Hadits. Bagi saya;Selama Aqidahnya sama, tidak masalah mau berniqab atau tidak karena yang saya pahami niqab itu tidak wajib ^_^ mari kita eratkan tali silaturahmi meski hanya melalui tulisan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s