Manajemen Ritel

Industri ritel terus berubah seiring dengan perubahan teknologi, perkembangan dunia usaha, dan tentunya kebutuhan konsumen. Ritel adalah keseluruhan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk penggunaan yang sifatnya individu sebagai pribadi maupun keluarga.

Agar berhasil dalam pasar ritel yang kompetitif, peritel harus dapat menawarkan produk yang tepat, dengan harga yang tepat, pada tempat yang tepat, dan waktu yang tepat. Oleh karena itu, pemahaman peritel tehadap karakteristik target pasar atau konsumen yang akan dilayani merupakan hal yang sangat penting.
Dalam operasionalnya peritel menjalankan beberapa fungsi antara lain membantu konsumen dalam menyediakan berbagai produk dan jasa, menjalankan fungsi memecah (bulk breaking), maupun menambah nilai produk. Secara keseluruhan, pengelolaan binis ritel membutuhkan implementasi fungsi-fungsi manajemen secara terintegrasi baik fungsi keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, maupun operasional. Pemahaman keseluruhan atas isi buku ini membutuhkan telaah menyeluruh terhadap proses pengambilan keputusan dalam manajemen ritel yang diperjelas yaitu lingkup bisnis, mengembangkan strategi ritel, manajemen barang dagangan, dan manajemen toko.

Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan suatu proses perencanaan,pengorganisasian,penggerakkan dan pengendalian atas atas sumber daya  yang dimiliki guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Ritel

Ritel adalah suatu kegiatan yang terdiri dari aktivitas-aktivitas bisnis yang terlibat dalam menjual barang dan jasa kepada konsumen untuk kepentingan sendiri,keluarga ataupun rumah tangga.

Pengertian Manajemen Ritel

Manajemen ritel adalah  pengaturan keseluruhan faktor-faktor yang ebrpengaruh dalam proses perdagangan ritel,yaitu perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

Klasifikasi Ritel

1. Klasifikasi deskriptif

Pasar ritel dibagi menjadi 2 tipe yaitu berdasarkan :

a. tipe  kepemilikan (type of ownership)

b. tipe keragaman barang yang dijual(type of merchandise carried)

2. Klasifikasi strategic

Pasar retel dibedakan berdasarkan strategi yang digunakan,yaitu :

a. margin/turnover strategy

b.retail price and service strategy

c. strategic group classification

d. gross margin – merchandise type classification

3. Klasifikasi tingkat pelayanan

Dibagi menajadi :

a.  penjualan eceran swalayan

b. penjualan eceran dengan memilih dendiri

Contoh : toko baju dipasar

c. penjualan eceran dengan penjualan terbatas

Contoh : toko elektronik

d. penjualan eceran dengan pelayanan penuh

Contoh : toko perhiasan,butik

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap bisnis ritel adalah 4P yaitu Place,Price,Produck dan Promotion

Oleh karena itu sebelum memulia bisnis ini hendaknya kita harus sudah memahaminya dengan benar untuk memperkecil resiko kerugian.

20 thoughts on “Manajemen Ritel

  1. Kami adalah Konsultan Penyedia Rak supermarket, rak minimarket, rak toko, lokasi kami di Lampung dan Sumatera, menerima order seluruh Indonesia.

    Produk-produk yang kami sediakan antara lain :
    Rak Supermarket, Rak Minimarket, Rak Gondola, Rak Toko, Shelving, Single / Wall Gondola
    Double Gondola / Island Gondola, End Gondola
    Basket Gondola
    Price Card / Price Rail / Price Holder
    Stopper
    Single Hook, Double Hook
    Keranjang Belanja, Keranjang Trolley
    Trolley Supermarket, Trolley Minimarket
    Rak Freezer
    Meja Kasir, Pintu Masuk
    Rak Gudang
    DLL

    Untuk konsultasi desain layout dan perhitungan budget dapat langsung menghubungi kami :

    Global Ritelindo
    Jln. Karimunjawa No.7F
    Sularame, Bandar Lampung

    Hari Kerja
    Senin s/d Sabtu
    Jam 08.00 – 17.00 WIB
    Minggu / Hari besar tutup

    Call Center : 0721.5610.381

    Phone / SMS : 085768381185, 082281160275
    web: http://www.jualrak.net http://www.globalritelindo.com
    Pin BB : 58517aid,29d6e24f
    Emailkan / BBM / denah ruangan lengkap dgn ukuran utk keperluan tsb

Leave a reply to sinyodepp Cancel reply