E-Commerce

  • Pengertian

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.

  • Sejarah  Perkembangan E-Commerce

E-Commerce berawal pada tahun 1970-an. Yang dimulai dengan inovasi seperti EFT (electronic fund trandsfer). Aplikasi tersebut masih terbatas pada perusahaan-perusahaan besar,lembaga keuangan dan beberapa perusahaan-perusahaan kecil yang nekat. lalu munculah EDI (electronic data interchange) yang berkembang dari transaksi keuangan ke transaksi lainnya,dan memperbesar jumlah perusahaan yang turut serta.

Aplikasi-aplikasi lainnya mulai bermunculan dan memiliki jangakauan mulai dari perdagangan saham hingga reservasi perjalanan. Pada saat itu aplikasi tersebut disebut aplikasi telekomunikasi.

Dengan adanya komersialisasi internet pada tahun 1990-an dan pesatnya pertumbuhan  yang mencapai jutaan pelanggan potensial ,maka muncullah istilah e-commerce.

Pusat riset e-commerce di universitas Texas yang meneliti 2000 perusahaan internet, menemukan bahwa perusahaan yang paling cepat tumbuh adalah perusahaan e-commerce, dengan tingkat pertumbuhan mencapai 72%.

Alasan lain teknologi tersebut berkembang dengan pesat adalah perkembangan jaringan,protokol,spesifikasi,dan software.

  • Aplikasi E-Commrce

Yellow Pages : berupa database terorganisasi yang berisi bermacam-macam informasi produk,perusahaan,berita,iklan,hiburan,dll

Online Store front : merupakan toko online atau toko virtual yang menjual produknya melalui internet

Web traffic control : berfungsi sebagai iklan yang menarik perhatian sehingga menarik konsumen untuk mengunjungi situs terntentu

Standar web site : merupakan website dan email untuk berkomunikasi antara konsumen dan produsen/layanan pelanggan

Community site : merupakan ruang ngobrol (chatt room) khusus bagi konsumen produk tertentu dan membahas mengenai produk tersebut

informational/image site : merupakan web yang tidak memiliki fungsi komersial langsung dan lebih menekankan pada penyajian informasi.

Content-based site : merupakan situs yang mengharuskan pelanggannya membayar untuk dapat menikmati isi dari situs tersebut

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s