Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran terdiri dari 2 suku kata yaitu Komunikasi dan Pemasaran. Dimana masing-masing kata memiliki pengertian yang berbeda sehingga saat digabungkan akan membentuk pengertian baru.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian suatu pikiran,ide,pendapat yang disampaikan kepada individu maupun kelompok.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses dari perencanaan dan pelaksanaan konsep, penentuan harga, promosi  dan penyampaian ide,barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang dpat memuaskan individu dan tujuan dari organisasi.

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran adalah Suatu proses pengolahan,produksi dan penyampaian pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada kelompok target audience yang dilakukan secara berurutan untuk memuaskan individu dan organisasi.

Komunikasi memiliki suatu urutan yaitu S – M,C – R – E

S = source : sumber =asal mula munculnya informasi/yang pertamakali memberi informasi

M = Message : pesan = isi/informasi yang akan disampaikan

C = Channel : saluran = media/tempat yang digunakan untuk menyalurkan pesan

R = Receiver : penerima = yang menerima informasi

E = Effect : akibat = reaksi yang timbul setelah menerima informasi

  • Sumber dibagi menjadi 2 yaitu :  Pribadi dan Kelompok
  • Message dibagi menjadi 2 yaitu : verbal dan non verbal

Verbal adalah pesan yang dalam penyampaiannya menggunakan kata-kata baik lisan maupun tulisan

Non Verbal adalah pesan yang dalam penyampaiannya tidak mengguankan kata-kata,melainkan mengggunakan ekspresi dan gerak bahasa tubuh.

  • Channel ada 2 yaitu : langsung dan tidak langsung

Channel langsung : tidak menggunakan perantara/media dalam menyampaikan pesan. Misal : Seorang guru yang berbicara kepada siswanya didepan kelas.

Channel tidak langsung : menggunakan perantara/media dalam menyampaikan pesan. Misal : A menelpon B mengguankan perantara pesawat telpon.

  • Receiver dibagi menjadi 2 yaitu : Pribadi/individu dan kelompok
  • Effect dibagi menjadi 2 yaitu : aktif dan pasif

Effect aktif yaitu reaksi/tanggapan yang langsung ditunjukkan menggunakan bahasa verbal. Misal : memaki,berterimakasih,dll

Effect pasif yaitu rekasi yang tidak ditunjukkan secara langsung dan menggunakan bahasa non verbal. Misal mengerutkan kening,tersenyum,dll

Bersambung….

2 thoughts on “Komunikasi Pemasaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s