Psikologi Kunsumen

Psikologi diawali dengan berdirinya Lab Psikologi pertama di Leipzig tahun 1875 oleh Wilhelm Wundt.

Psikologi Konsumen adalah  ilmu yang mempelajari perilaku konsumen.

Ruang lingkup Perilaku Konsumen

Mempelajari Bagaimana individu mengambil keputusan  untuk membelanjakan sumberdaya yang dimilikinya.

Untuk Menjawabnya yaitu dengan mencari tahu :

1. Apa yang dibeli?

2. Mengapa membeli?

3. Kapan membelinya?

4.  Dimana membelinya?

5. Bagaimana cara membelinya?

6. Bagaimana menggunakannya?

Variabel yang dilibatkan konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli

Variabel Stimulus

Variabel  respon

– Variabel Interverning

Tiga  Proses Konsumsi Berdasarkan Situasi

1. Situasi Komunikasi

Dimana informasi yang diterima oleh kinsumen akan memperngaruhi perilaku konsumen. Apabila konsumen tertarik pada suatu produk dan dalam keadaan komunikasi yang mudah menerima, maka penjual akan mampu menyampaikan pesan yang efektive pada mereka dan kemungkinan untuk membeli akan menjai lebih besar.

2. Situasi Pembelian

Situasi saat pembelian juga dapat mempengaruhi pemilihan suatu produk. Menggunakan pamahaman mengenai hubungan antara cuaca dan kategori suatu produk.

Misalnya : Payung akan dijadikan alternative utama saat hujan untuk pejalan kaki . Bukan untuk pengendara kendaraan roda dua.

3. Situasi pamakaian/kegunaan

Pada situasi seperti apa produk tersebut akan dipakai/dikonsumsi

Penjual perlu untuk memahami situasi konsumsi yaitu untuk apa/ siapa produk mereka sesuai.

Bersambung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s